Ibadah Qurban dan Hukum Qurban Idul Adha


 Hukum Kurban Idul Adha

Idul Adha adalah salah satu dari dua hari raya umat Muslim, hari raya lainnya yaitu Idul Fitri. Di hari raya ini, akan dilaksanakan ibadah qurban, yaitu menyembelih hewan qurban setelah dilakukannya sholat Idul Adha. Berkurban dapat dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia serta nikmat yang diberikan oleh Allah. Hukum qurban Idul Adha sendiri wajib bagi tiap umat Muslim yang memiliki cukup dana. Namun apabila seorang Muslim tidak memiliki kelapangan harta serta kecukupan rezeki, maka kewajiban ini gugur atau tidak perlu dilaksanakan. Qurban dikatakan sebagai salah satu ibadah sunnah serta tidak boleh ditinggalkan. Allah sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang mau menghabiskan sebagian harta yang dimiliki guna kepentingan ibadah.

Hukum qurban sebenarnya masih menjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada beberapa yang menyatakan pendapatnya bahwa hukum qurban Idul Adha ini wajib, tapi ada juga yang menyatakan hukumnya sunnah. Namun, wajib ataupun sunnah, sudah sepatutnya umat Muslim yang memiliki kemampuan dana turut menyisihkan sebagian harta untuk ikut berkurban. Sangat banyak manfaat yang dapat diterima dari berkurban ini. Bahkan, manfaat berkurban bisa dirasakan baik di dunia maupun di akhirat. Di antaranya, qurban akan dapat menutup alaman buruk yang pernah diperbuat. Tidak hanya sebatas itu, qurban juga akan mempererat tali silaturahmi yang terjalin di antara sesama umat Muslim.

Serangkaian ritual qurban mulai dari membeli, menyembelih sampai dengan membagikan daging qurban akan bisa meningkatkan solidaritas umat Muslim. Berkurban akan turut menabung bekal pahala yang bermanfaat di akhirat nantinya. Malaikat akan melakukan pencatatan segala amal baik dan buruk kita semasa di dunia. Umat Muslim tidak akan merugi apabila melakukan qurban tiap tahun, tidak peduli apapun sebenarnya hukum qurban Idul Adha yang berlaku. Islam mengajarkan umatnya agar senantiasa menjalan alaman serta perintah Allah. Bahkan kini, tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan qurban bagi yang mampu karena ibadah ini dapat dijalankan dengan semakin mudah.


Salah satunya adalah melalui qurban online. Berkurban kini dapat kita laksanakan secara online melalui internet. Kita cukup mentransfer sejumlah dana untuk membeli kambing atau sapi qurban. Sementara untuk proses pembelian, penyembelihan hingga distribusi daging akan dilakukan pihak Global Qurban sebagai penyelenggara. Qurban ini sangat mudah serta membantu kita yang hendak berkurban secara lebih praktis dan tepat sasaran. Pemesanan hewan qurban ini juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Distribusi daging qurban dari Global Qurban tidak sebatas untuk dalam negeri juga tapi sampai luar negeri, terutama adalah negara-negara rawan konflik dan korban perang. Demikian uraian seputar hukum qurban Idul Adha serta kemudahan yang didapat apabila memanfaatkan qurban online. 
Share on Google Plus

About Ayead Gaptek

0 comments:

Post a Comment